Minggu, 21 Oktober 2012

Cara Kerja Komputer

CARA KERJA KOMPUTER

Komputer Perorangan (PC)
Komputer berarti sebuah benda yang bisa menerima masukan dan menghasilkan beberapa keluaran. Faktanya, otak manusia sendiri merupakan sebuah komputer yang sangat canggih dan para ilmuwan mengetahui lebih banyak bagaimana otak bekerja tiap tahunnya. Walaupun begitu, Penggunaan paling umum dari kata komputer adalah untuk menjelaskan alat elektronik yang berisi sebuah mikroprosesor.
Sebuah mikroprosesor adalah sebuah peralatan elektronik berukuran kecil yang bisa menjalankan perhitungan rumit dalam waktu sekejap mata. Anda bisa menemukan mikroprosesor dalam banyak peralatan yang anda gunakan tiap hari, seperti mobil, lemari es, dan televise. Peralatan yang paling dikenal dengan mikroprosesor adalah computer atau Personal Computer(PC). Kenyataannya, konsep sebuah computer telah menjadi dekat dengan kesamaan istilah PC.
Ketika anda mendengar kata Komputer, anda mungkin membayangkan sebuah peralatan yang terpasang sebuah layar video, keyboard, dan beberapa jenis peralatan penunjuk seperti mouse atau touchpad. Anda mungkin membayangkan beberapa bentuk Komputer, seperti Komputer meja, towers,dan laptop. Istilah PC telah dihubungkan dengan beberapa merek tertentu seperti prosesor Intel atau sistem operasi Microsoft Windows.
Komputer sebagai sebuah peralatan perhitungan yang lebih umum dengan karakteristik berikut:
-    Dirancang untuk penggunaan oleh satu orang pada satu waktu
-    Menjalankan sebuah sistem operasi untuk menghubungkan antara pengguna dan mikroprosesor
-    Mempunyai komponen internal tertentu secara umum seperti sebuah CPU dan RAM
-    Menjalankan aplikasi software yang dirancang untuk pekerjaan tertentu atau aktivitas permainan
-    Memungkinkan untuk menambahkan dan mengurangi hardware atau software jika dibutuhkan

Komputer bisa ditelusuri sejarahnya pada 1970an ketika seorang bernama Ed Roberts mulai menjual rangkaian computer berbasis pada chip mikroprosesor yang dirancang oleh Intel. Roberts menyebut Komputer buatannya dengan nama Altair 8800 dan menjual rangkaiannya secara terpisah dengan harga $ 395. Popular Electronics melanjutkan kisah rangkaian tersebut dalam terbitannya pada Januari 1975, dan secara mengejutkan semua orang, rangkaian tersebut menjadi Laris seketika. Oleh karena itu, era PC tersebut dimulai.
Ketika Altair 8800 menjadi Komputer Personal pertama, kemunculan Apple II beberapa tahun kemudian menjadi tanda dimulainya Komputer sebagai peralatan rumah yang dicari. Apple II dengan penemunya Steve Jobs dan Steve Wozniak, membuktikan bahwa terdapat permintaan pasar untuk rumah dan sekolah. Tidak lama kemudian, Perusahaan komputer yang sudah lama berdiri seperti IBM dan Texas Instruments masuk ke pasar Komputer perorangan, dan merek baru seperti Commodore dan Atari masuk ke dunia game.
Untuk melihat bagaimana Komputer bekerja, mari kita mulai dari bagian-bagian yang tergabung untuk menjadikan mesin ini bekerja.

komponen umum pada PC dalam susunan komponen tersebut biasa disusun:

1.    Case atau Casing
Jika kita menggunakan sebuah laptop, casing komputer tersebut menyatu dengan keyboard dan layar. Untuk Komputer Desktop, casing berupa beberapa jenis kotak dengan pencahayaan, ventilasi, dan tempat penyambungan kabel. Ukuran casing bisa bervariasi dari ukuran kecil, untuk unit di atas meja, hingga setinggi menara. Sebauh casing yang lebih besar tidak selalu berarti komputer yang lebih hebat; tergantung dari apa yang ada didalam casing tersebut. Pembuat PC merancang atau memilih casing berbasis pada jenis motherboard yang seharusnya muat di dalamnya.

2.    Motherboard
Motherboard adalah Papan rangkaian utama dalam Komputer kita. Semua komponen, dalam dan luar, tersambung melalui motherboard melalui beberapa cara. Komponen lain yang didaftar ini removable(bisa dilepas) dan kemudan bisa diganti, tanpa harus mengganti motherboard kecuali terdapat komponen baru yang tidak ditunjang oleh jenis motherboard tertentu.  Komponen tersebut termasuk Complementary Metal-Oxide Semiconductor(CMOS), yang mana menyimpan beberapa informasi ketika komputer dimatikan, seperti clock dari sistem. Motherboard bisa didapatkan dalam ukuran dan standar yang berbeda, salah satunya adalah ATX dan MicroATX. Dari sini, motherboard bisa beragam berdasarkan jenis komponen yang bisa dilepas dan motherboard dirancang untuk menangani secara internal dan pada port mana tersedia untuk dipasangkan suatu peralatan luar.

3.    Power Supply
Selain dari CMOS nya, yang diberikan daya oleh baterai CMOS yang bisa dilepas dari Motherboard, setiap komponen dalam PC anda tergantung pada power supplynya. Power supply tersambung pada beberapa jenis sumber power, baik itu berupa baterai dalam kasus komputer mobile, atau sebuah sambungan listrik untuk kasus Komputer desktop. Dalam kasus komputer desktop, anda bisa melihat power supply terpasang pada bagian dalam casing dengan sebuah sambungan kabel listrik pada sisi luar dan sekumpulan kabel yang terpasang ke dalam. Beberapa kabel ini terhubung secara langsung pada motherboard sedangkan kabel yang lainnya terhubung pada komponen lainnya seperti drive dan kipas.

4.    Central Processing Unit(CPU)
CPU sering juga disebut processor, adalah komponen yang terdapat mikroprosesor. Mikroprosesor tersebut adalah jantung dari semua operasi PC, dan unjuk kerja baik hardware maupun software tergantung pada unjuk kerja prosesor. Intel dan AMD adalah penghasil CPU terbesar untuk Komputer, walaupun kita akan juga bisa menemukan produsen lainnya di pasar. Dua arsitektur CPU yang paling umum yaitu 32-bit dan 64-bit dan anda akan bisa menemukan bahwa software tertentu tergantung pada perbedaan arsitektur ini.

5.    Random-Access Memory (RAM)  
Bahkan prosesor tercepat membutuhkan sebuah buffer(penyangga) untuk menyimpan informasi ketika sedang diproses. RAM bagi CPU bagaikan sebuah meja untuk memasak: RAM bertugas sebagai tempat dimana bahan dan alat yang digunakan untuk mengerjakan, menunggu sampai anda ingin mengambil dan menggunakan bahan-bahan tersebut. Baik sebuah CPU yang cepat dan sejumlah besar RAM dibutuhkan untuk Komputer yang cepat. Setiap Komputer mempunyai nilai maksimum RAM yang bisa dipakai, dan slot pada motherboard menandakan jenis dari RAM yang Komputer butuhkan.

6.    Drive
Sebuah drive adalah sebuah alat yang dimaksudkan untuk menyimpan data ketika data tersebut tidak digunakan. Sebuah hard drive atau solid state drive menyimpan software dan sistem operasi Komputer. Yang termasuk drive termasuk drive optic seperti yang digunakan untuk pembacaan dan penulisan media CD, DVD, dan Blu-ray. Sebuah drive terhubung pada motherboard berbasis pada jenis teknologi kontroler drive yang digunakan termasuk standar IDE yang sudah lama dan standar SATA yang lebih baru.

7.    Peralatan pendingin
Semakin banyak yang diproses oleh komputer, semakin banyak pula panas yang dihasilkan. CPU dan komponen lainnya bisa menangani sejumlah panas tertentu. Namun, jika sebuah Komputer tidak didinginkan secara tepat, Komputer akan kepanasan, yang menyebabkan kerusakan yang mahal pada komponen dan rangkaian. Kipas adalah alat yang paling banyak digunakan untuk mendinginkan sebuah PC. Sebagai tambahan, CPU dilapisi sebuah blok logam yang disebut sebagai heat sink(penyerap panas), yang menarik panas dari CPU. Beberapa pengguna Komputer yang serius, seperti pemain game, terkadang mempunyai solusi manajemen panas yang lebih mahal, seperti sistem pendingin air, yang dirancang untuk menangani permintaan pendinginan yang lebih banyak.

8.    Kabel-kabel
Semua komponen yang disebutkan sejauh ini terhubung oleh beberapa kombinasi kabel. Kabel ini dirancang untuk membawa data, daya listrik, atau keduanya. Komputer harus dibangun sehingga kabel tertata rapi dalam casing dan tidak menghalangi aliran udara yang melaluinya.



Cara Kerja Sebuah Komputer | Mengenal Cara bekerja nya Komputer | Bagaimana Komputer Bekerja 
a. Memori
Pada sistem ini memori adalah urutan byte yang diberi nomor, dapat diumpamakan seperti {sel} atau {lubang burung dara}, pada setiap kantong berisikan sepotong informasi yang kecil. Informasi itu yang memungkinkan nanti akan menjadi perintah untuk mengatakan kepada komputer apa yang harus dikerjakan oleh komputer itu.
Memori ini bertugas menampung berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Jika ada informasi yang belum terbentuk menjadi biner akan dipecahkan atau istilah lain adalah “encoded”, menjadi sejumlah instruksi yang akan mengubah informasi tersebut menjadi sebuah angka / urutan angka-angka. Misalanya adalah ; Huruf “C” disimpan sebagai angka desimal 70 atau angka biner, menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks dapat dipakai sebagai tempat untuk menyimpan data berupa data gambar, data suara, data video, dan berbagai macam data lainnya. data yang dapat disimpan di dalam satu sell disebut dengan sebuah “byte”.
Umumnya memori dapat ditulis kembali menjadi lebih dari jutaan kali, memori bisa dianalogikan sebagai sebuah Kertas dan pensil yang bisa ditulis kemudian bisa dihapus lagi, ketimbang sebuah kertas dengan spidol yang tidak bisa dihapus hapus lagi
Ukuran dari setiap sel, serta jumlah sel, mengalami perubahan yang sangat mengagumkan dari generasi komputer yang lama ke generasi komputer yang lebih modern, begitu pula dengan teknologi dalam cara pembuatan memori telah mengalami perubahan yang sangat mengagumkan. Diawali dari teknologi relay elektromekanik, kemudian ke teknologi tabung yang diisi dengan air raksa, lalu kemudian pegas dimana pulsa akustik terbentuk, kemudian teknologi matriks magnet permanen ke setiap transistor, lalu sampai kemudian ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor di atas satu chip silikon.
a. Pemrosesan
Sebuah CPU atau singkatan dari Unit Pemproses Pusat dalam bahasa inggrisnya central processing unit, bertugas untuk memproses arahan, melakukan pengiraan dan mengatur lalu lintas informasi menerusi system komputer. Unit atau perangkat pemprosesan juga akan melakukan komunikasi dengan perangkat input, output dan penyimpanan untuk melaksanakan arahan-arahan yang berkaitan.
Di dalam arsitektur milik bapak von Neumann yang asli, ia telah menjelaskan tentang sebuah Unit Aritmatika dan Logika, serta sebuah Unit Kontrol. Pada komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu yaitu IC atau Integrated Circuit, yang juga dinamakan CPU atau Central Processing Unit.
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU) adalah alat yang melakukan tugas dasar seperti tugas aritmatika (penjumlahan, pengurangan, dan semacamnya), tugas logis (and, or, not), dan pelaksanaan perbandingan (contohnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan “kerja” yang nyata.
Unit kontrol menyimpan perintah yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol pergi ke perintah berikutnya

b. Input dan Hasil
I/O mengizinkan komputer memperoleh informasi dari dunia luar, dan meletakkan hasil pekerjaannya di sana, dapat berbentuk fisik atau non fisik. Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab ditelinga kita seperti keyboard, monitor dan hardisk, ke yang lebih tidak biasa misalnya adalah webcam (kamera web), mesin printer, mesin scanner, dan lain lain.
Yang dipunyai oleh semua alat masukan biasa adalah bahwa mereka merubah informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, merubah data ke dalam informasi yang dapat dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital ialah contoh dari sistem pengolah data.
c. Instruksi / perintah
Perintah atau instruksi yang dibahas seperti judul di atas adalah tidak perintah kaya bahasa manusiawi. Komputer hanya mempunyai jumlah yang terbatas perintah sederhana yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah misalnya “melakukan penyalinan isi sel 456, dan tempat tiruan di sel 789?, menambahkan isi sel 888 ke sel 063, dan tempat akibat di sel 024?, dan “jika isi sel 777 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel 456?.
Perintah atau Instruksi dimulai dalam komputer sebagai nomor - kode untuk “menyalin” mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam prakteknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman “tingkat tinggi” yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)
d. Arsitektur
Komputer kontemporer meletakkan ALU dan juga unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Central Processing Unit (CPU). Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat CPU. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama - mereka mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran 

ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan perintah berikutnya dicapai. Ulang prosedur ini sampai komputer dimatikan.
e. Program
Program komputer merupakan daftar perintah yang besar untuk dilakukan oleh komputer. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Suatu Komputer modern yang umum dapat mengerjakan sekitar dua sampai tiga milyar perintah dalam satu detik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa, mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang yang disebut (programmer). [Programmer Baik mengembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa sebagai contoh, menggambar titik di layar dan lalu membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain]. Saat ini, kebanyakan komputer melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke sebagai multitasking. CPU melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, CPU beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya.
f. Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh bermacam-macam program komputer, kemudian setelah bertahun-tahun, programer akhirnya memindahkannya ke dalam sistem operasi.
Sistem operasi, dapat menentukan program man yang dijalankan, kapan, dan alat mana “seperti memori atau I/O” yang mereka pakai. Sistem operasi juga memberikan pelayanan kepada program lain, seperti kode “driver” yang mengizinkan seorang programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang berhubungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar